Thursday, August 10, 2006

Kongres XV PDHI Pilih Ketua Umum Baru

Ditengah hajatan akbar Indolivestock 2006, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menggelar Kongres ke XV dirangkai Konferensi Ilmiah Veteriner Nasional (KIVNAS) ke IX pada hari Selasa – Jumat, 11 – 14 Juli di Jakarta. Peserta yang hadir adalah para dokter hewan seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, drh Arsentina Panggabean Ketua Panitia Kongres dan KIVNAS tidak menduga jika para teman sejawat diseluruh Indonesia memberikan tanggapan yang positif dan dengan senang hati melangkahkan kaki ke Jakarta untuk bertukar informasi dan pengalaman.

Ketua Umum PB PDHI 2002 - 2006, drh Budi Tri Akoso, MSc PhD mengatakan kongres yang merupakan kekuasaan tertinggi perhimpunan ini adalah kewajiban sekaligus memenuhi amanat Kongres ke XIV lalu di Mataram tanggal 7-9 Oktober 2002. Dalam sambutannya dipaparkan bahwa banyak PR yang belum terselesaikan hingga saat ini antara lain masalah penyelesaian revisi Undang-Undang peternakan dan Kesehatan Hewan No 6/67 tidak kunjung usai, konsep Sistem Kesehatan Hewan Nasional (SISKESWANNAS) masih terus dibahas, kewenangan dan otoritas medis veteriner belum terakomodasi secara utuh, peranan profesi medis veteriner dalam kebijakan penanggulangan penyakit hewan menular sering tidak jelas, penanganan wabah AI secara nasional yang belum dapat diselesaikan, dan masih banyak lagi berbagai permasalahan yang memerlukan penanganan secara sistematis, integrative dan berkelanjutan.

Untuk mengantisipasi berbagai perkembangan yang terjadi, dipaparkan Budi bahwa dalam kegiatan Kongres ke XV telah disediakan satu forum diskusi dalam acara “Dialog Nasional” yang diadakan secara khusus untuk menampung semua aspirasi, melakukan diskusi dan menyamakan persepsi terhadap berbagai persoalan medis veteriner baik sebagai langkah perencanaan kedepan, maupun melakukan evaluasi terhadap kinerja yang telah atau sedang berlangsung. Sebagai ajang pertukaran informasi, peningkatan profesionalisme dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dalam kongres juga disediakan ruang diskusi dalam bentuk “Konferensi Ilmiah Veteriner Nasional”. Diharapkan forum semacam ini dapat lebih meningkatkan kompetensi dokter hewan, membangun jalinan kerjasama dengan semangat kekerabatan, solidaritas antar sejawat, profesionalisme dan tetap dilandasi oleh motto organisasi “Manusya Mriga Satwa Sewaka”.

Kumpul nasional diawali dengan agenda malam temu kangen dan penyampaian berbagai informasi diantaranya penjelasan mengenai Yayasan Hemerazo, didirikan oleh anggota PB PDHI melaui Akta Notaris Soelaeman Andjarsasmita, SH tanggal 23 Mei 1991 dan juga pembangunan Gedung Veterinery Center untuk wadah seluruh kegiatan keluarga besar dokter hewan serta mengenai dana sosial Keluarga Dokter Hewan Indonesia yang efektif beroperasi mulai 1 Agustus 2002. Agenda kongres sendiri baru dilaksanakan pada hari hari ke dua dengan mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum tahun 2002-2006 yang akhirnya disahkan sebagai ketetapan kongres dan dilanjutkan dengan siding komisi. Sebelumnya digelar acara dialog nasional. Sebagai Key Note Speaker adalah Prof Farid Anfasa Moeloek yang juga Ketua Umum IDI. Acara dialog nasional ini diantaranya diisi dengan presentasi tentang permasalahan profesi veteriner (current issue profesi medik, otoritas veteriner, siskeswannas dan pentingnya payung hukum untuk dokter hewan). Menghadirkan pembicara Dr drh Trisatya Naipospos, Dr drh Soehadji dan dr drh Mangkoe Sitepu.

Disela-sela agenda Kongres PDHI, digelar pula Konferensi Ilmiah Veteriner Nasional yang ke IX. Adapula pertemuan Organisasi Non Teritori (ONT) dibawah PDHI seperti perkumpulan dokter hewan yang bergerak di bidang perunggasan, hewan kesayangan, sapi perah, konservasi dan satwa liar serta karantina.

Puncak dari acara Kongres PDHI adalah terpilihnya drh Wiwiek Bagja sebagai Ketua Umum PB PDHI periode 2006 - 2010 yang dalam kepengurusan sebelumnya menjabat sebagai Sekjen PB PDHI. Wiwiek mengalahkan saingannya antara lain Prabowo, Tri Satya, dan Olan. Acara kongres secara resmi ditutup oleh Fauzi Bowo, Wakil Gubernur DKI Jakarta.

4 comments:

Anonymous said...

секс шоп интернет
teen sex yabb
16 порно бесплатно
порнуха бесплатно без кодов
попки дженифер

Anonymous said...

56136.....55732

Anonymous said...

Hi, guantanamera121212

Anonymous said...

не факт