Tuesday, September 30, 2014

KEUNGGULAN BETERNAK AYAM KAMPUNG SUPER (JAWA SUPER/JOPER)

KEUNGGULAN BETERNAK AYAM KAMPUNG SUPER (JAWA SUPER/JOPER)

Fenomena Ayam kampung super (jawa super/joper) dalam kurung waktu beberapa tahun belakangan ini telah menjadi perhatian khusus para peternak indonesia. Ayam kampung super merupakan hasil persilangan atau IB (inseminasi buatan) dari ayam jantan kampung bangkok dengan ayam betina ras petelur. Sehingga dihasilan perbaikan genetic bibit ayam yang lebih cepat pertumbuhannya
.
Ayam kampung super memiliki pertumbuhan yang cukup cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa yang dipelihara lebih dari 3 bulan. Ayam kampung super biasa dipelihara 45 sampai 60 hari ayam kampung super sudah bisa dipanen. Kotoran ayam kampung super tidak menimbulkan bau yang menyengat seperti ayam potong/broiler. Berdasarkan uji laboratorium ayam kampung super memiliki protein tinggi dan rendah lemak sehingga banyak diminati pengunjung restaurant atau rumah makan.

Keuntungan beternak ayam kampung super ini selain angka kematian (mortalitas) yang rendah dengan rasa daging yang sama dengan ayam kamung asli, juga cara pemeliharaan sangat mudah, tidk menyita waktu dan tenaga. Dari segi harga jual, ayam kampung harganya lebih tinggi dan lebih stabil dibandingkan dengan ayam broiler (ayam potong), berkisar dari 28 ribu sampai 32 ribu hidup per kilogram.

Peternak Ayam Kampung Super (Jawa Super / Joper) Panen Sedia Panenan Rutin Tiap Hari Sekitar Sragen, Karanganyar, Solo Kontak Person 081226095035/ 085642153636.

No comments: