Tuesday, September 30, 2014

KANDANG IDEAL AYAM KAMPUNG SUPER (JAWA SUPER/JOPER)

KANDANG IDEAL AYAM KAMPUNG SUPER (JAWA SUPER/JOPER)

Untuk menciptakan kondisi ideal tentunya harus memperhatikan kondisi ideal dalam beternak ayam kampung super diantaranya sebagai berikut: Lebar kandang maksimal 7 meter, Panjang menyesuaikan populasi (perbandingan 1 meter persegi untuk 15 ekor ayam sampai panen). Lantai kandang litter disemen kasar dan diberi sekam sebagai alasnya (tidak boleh diganti/dibersihkan sebelum ayam dipanen, bila menggunakan sekam, sebaiknya tiap minggu ditambah).

Sekeliling dinding cukup menggunakan bambu/ kawat strimin untuk sirkulasi udara. Atap tertutup dengan genteng / asbes. Arah kandang sebaik membujur dari timur ke barat. Ketinggian kandang sebaiknya tidak kurang dari 2 m atau kandang panggung. Untuk daerah dingin kandang panggung bisa diisi atas bawah untuk efisiensi. Sepanjang kondisi masih memungkinkan.

Lokasi kandang yang ideal adalah memiliki jarak dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang. Sebelum kandang diisi dengan ayam kampung, perlu dilakukan penyucihamaan dengan disinfektan yang tidak berbahaya bagi ayam.

Peternak Ayam Kampung Super (Jawa Super / Joper) Panen Sedia Panenan Rutin Tiap Hari Sekitar Sragen, Karanganyar, Solo Kontak Person 081226095035/ 085642153636.

No comments: